Cerita: Kekuatan Niat

Cerita ini saya dapatkan dari sebuah ceramah di stasiun TV. Cerita ini saya anggap mengesankan dan amanah dari cerita ini semoga dengan mudah bisa diterapkan di kehidupan kita sehari-hari. Amiin.

Alkisah ada seorang muda miskin yang hidup di suatu desa yang sederhana. Suatu hari si pemuda miskin ini begitu kelaparan. Saat ini berjalan dan melihat sebuah gunung terbesit dalam hatinya
"Ya Allah, Andaikan saja gunung ini adalah tumpukan gandum, maka pasti sudah aku bagikan ke seluruh penduduk Desa"
Suatu ketika saat hari perhitungan amal, pemuda ini melihat sebuah amalan kebaikan yang begitu berat timbangannya.  Ia pun bertanya "Amalan apa yang saya perbuat hingga begitu berat?" dan malaikatpun menjawab "Ini adalah pahala atas niatmu membagikan segunung gandum ke penduduk desa"

Subhanallah, Allah tidak menghitung dosa sebuah niat jahat yang belum dilakukan, namun Allah menghitung pahala sebuah niat baik walau itu tidak atau belum dilakukan. Niat yang diucapkan pemuda itu dalam hatinya telah membantu timbangan amal kebaikannya di hari akhir. :) Terlepas dari apakah ini cerita benar atau sebuah karangan yang diceritakan turun temurun, bagi saya mengambil hikmah untuk terus berniat baik dalam melakukan segala sesuatunya patut dicoba untuk kehidupan kita sehari-hari. :)

Semoga cerita pendek ini membawa perubahan yang panjang untuk hidup kita. Amiin