Sebuah Tips Merawat Dan Membersikan Perabotan Berbahan Logam


Kalau diperhatikan tidak sedikit perabotan berbahan logam di rumah kita. Yaitu perlengkapan kamar mandi, peralatan memasak di dapur, kusen pintu dan jendela dll. Jika kurang di rawat akan berkarat dan berkerak akan membuat barang-barang tersebut menjadi kusam dan jelek.

Beritut ini adalah tips untuk merawat dan membersihkan perabotan berbahan logam.

1. Stainless Steel

Kilap stainless steel akan memudar dalam jangka waktu sekitar 5 tahun. Untuk pemakaian di luar (outdoor), bisa kurang dari lima tahun. Untuk mengantisipasinya, lakikan pemolesan dengan langsol, sejenis sabun batangan yang dipoles dengan bantuan mesin. Pemolesan ini dapat dilakukan sendiri atau produsen pembuatnya. Karena tidak tahan terhadap asam seperti cairan cuka, stainless steel sebaiknya dijauhkan dari benda-benda yang bersifat asam. Karena bukan saja dapat merusak lapisan luarnya, namun juga lapisan di dalamnya.

2. Perak

Jika sudak loama digunakan, peralatan makan (sendok, garpu, teko, nampan dan sebagainya) yang terbuat dari perak sering terlihat kusam. Untuk membuatnya berkilau kembali, coba beberapa cara di bawah ini:

*  Setelah merebus kentang, jangan buang air rebusannya. Masukkan perabot perak yang kusam ke dalam air yang masih panas tersebut. Biarkan 10 menit kemudian gosok dengan lapm flannel hingga kering.

*  Jangan buang susu murni yang sudah asam. Rebus perabotan perak anda dengan susu asam tersebut, lalu gosok dan cuci bersih dengan air. Setelah itu gosok kembali dengan lap flannel hingga kering.

*  Jangan buang abu sisa rokok. Karena car termudah membersihkan barang-barang perak dengan menggosoknya memakai abu rokok.

*  Pembersihan perabot dari perak bisa juga dilakukan dengan menggunakan pasta gigi. Gosoklah dengan sikat halus yang dibasahi air. Lap dengan kain halus hingga mengkilap kembali.

3. Alumunium

Alat-alat dapur yang terbuat dari aluminium seperti panci, wajan, penggorengan mudah untuk hangus dan terkena noda karena terkena tumpahan kuah masakan. Berikut alternatif cara membersihkannya.

*  Ambil sepotong lap kecil yang bersih. Basahi dengan larutan kaliloog (bisa dibeli di apotik atau toko kimia). Gosok pada barang alimunium tersebut.

*  Kerak hangus pada dasar lapisan panci alimunium dapat dihilangkan dengan merebusnya di dalam air selama beberapa waktu.

*  Alat-alat yang terbuat dari alumunium jangan digosok dengan soda karena akan menipiskan lapisan alumuniumnya.

4. Kuningan

Pajangan, peralatan makan dan fitting kamar mandi (keran, shower) yang terbuat dari kuningan akan menjadi kusam, antara lain karena debu dan teroksidasi dengan udara. Berikut beberapa cara untuk membersihkannya:

*  Gosok dengan larutan cuka dan garam. Lap dengan kain bersih.

*  Pembersihan bisa pula menggunakan perbersih kuningan (brasso) yang banyak dijual di pasaran.

5. Tembaga

Barang-barang dan peralatan rumah tangga yang terbuat dari tembaga bisa berubah menjadi kehitaman karena terkena noda atau teroksidasi. Ada dua cara untuk membersihkannya:

*  Gosok dengan campuran air jeruk dan garam.

*  Kalau noda belum juga hilang, coba basahi sepotong kain dengan sedikit amoniak (tersedia di toko kimia) yang dicampur dengan air. Kemudian secepat mungkin gosokkan pada perabot yang terbuat dari tembaga.